Maksimalkan Jaringan Irigasi

Pembangunan jaringan irigasi merupakan komponen penting dalam mendukung sektor pertanian. Oleh karenanya, pemerintah terus berupaya agar pembangunan jaringan irigasi tersebut bisa op- timal, terutama di daerah.

Di Kabupaten Kapuas Hulu pembangunan jaringan irigasi butuh proses panjang. Terutama pelaksanaan paket  pekerjaan  infrastruktur  irigasi  di daerah  – daerah  terpencil  diwilayah  Bumi Uncak  Kapuas, karena  letak  geografisnya  berbeda  – beda,  ada sejumlah daerah yang masih sulit diakses.

Kendala yang dihadapi seperti sulitnya mendistri- busikan  material  ke lokasi  pembangunan  sarana irigasi, sehingga pekerjaannya harus memakan waktu lama. “Karena kalau seperti pembangunan irigasi ini tersebar, ada yang aksesnya jauh masuk kedalam,” ungkap Raimundus Jayang, ST. M. Eng Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (22/11)

Namun demikian  Raimundus  optimis, Maksimalkan Pembangunan Jaringan Irigasi irigasi di daerah tercapai dan dapat terbangun dengan kualitas yang baik. “Karena  bidang  yang kita tangani  tidak hanya  irigasi,  ada pekerjaan penanganan tebing di sungai, pembersihan saluran pembuangan. Namun semua paket tersebut tahun ini selesai,” katanya.

Raimundus berupaya setiap perencanaan pembangunan irigasi di Kapuas Hulu kedepan bisa mengakomodir setiap kebutuhan masyatakat diwilayah tersebut. (*)

HALAMAN

secara  bertahap  pembangunan  jaringan