Staf dan Beban Kerja

Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu memiliki beban kerja yang cukup tinggi. Selain membenahi  sistem administrasi perkantoran, instansi ini juga memiliki beban tugas merealisasikan  kebutuhan infrastruktur dasar di Bumi Uncak Kapuas, khususnya fisik jalan, jembatan dan sistem pengairan. Hal ini membutuhkan kesiapan dari sisi sumber daya manusia.

Sekretaris Dinas PU, Bina Marga dan SDA Kapuas Hulu, Agus Darmanta, S.T, M.T menuturkan, jumlah staff pada dinasnya hampir mencukupi untuk menjalankan segala pekerjaan yang ada. “Kalau ber- bicara jumlah staff dan keadaan pekerjaan di kantor dan dilapangan, personilnya memang belum mencukupi. Hanya saja dalam pekerjaan di lapangan sedikit ringan karena ada konsultan pengawasan dan konsultan perencanaan yang membantu pekerjaan tersebut. Jadi staff dan beban kerja itu seimbang,” ujarnya, Kamis (22/11/

18).

Untuk staff Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga kontrak di Dinas PU, Bina Marga dan SDA Kapuas Hulu, kata Agus berjumlah sekitar 100an orang. Namun ini kemung- kinan bakal bertambah lagi di tahun 2019, sebab ada penerimaan ASN dari seleksi tahun 2018 ini yang akan menempati posisi jabatan di dinas PU, Bina Marga dan SDA Kapuas Hulu. “Kami belum bisa pastikan berapa formasi di dinas ini, yang pasti ada yang akan bertugas disini,” ujarnya.

Terkait jumlah tenaga ASN, diakui Agus

masih kurang di dinasnya, namun hal ini terbantu dengan pemenuhan tenaga kontrak. Pemenuhan tenaga kontrak tersebut sangat membantu dalam hal teknis, sebab ada proses seleksi dengan mempertimbangkan  latar belakang pen- didikan tenaga kontrak itu sendiri. “Jadi kita berusaha penuhi kebutuhan-kebutuhan sumber daya manusia di dinas, sesuai dengan latar belakang pendidikan yang dibutuhkan,” tuntasnya. (*)