BPJS Ketenagakerjaan KCP Kapuas Hulu Gelar Sosialisasi di Dinas PU, Bina Marga dan Sumber Daya Air

Kecelakaan kerja sebagai salah satu jenis resiko kerja, sangat mungkin terjadi dimanapun dan dalam bidang pekerjaan apapun. Akibat dari kecelakaan kerja bisa bermacam macam, mulai dari luka ringan, luka parah, cacat sebagian anatomis, cacat sebagian fungsi, cacat total tetap bahkan meninggal dunia. Jaminan kecelakaan kerja (JKK) yang memberikan kompensasi dan rehabilitasi bagi pekerja yang mengalami kecelakaan dalam hubungan kerja termasuk kecelakaan yang terjadi dalam perjalanan dari rumah menuju tempat kerja atau sebaliknya dan penyakit yang disebabkan oleh lingkungan kerja.

“Hari ini kita lakukan sosialisasi tentang BPJS Ketenagakerjaan, kebetulan mendapatkan waktu dan kesempatan dari ibu kepala dinas, dengan harapan rekan rekan yang belum memiliki jaminan kecelakaan kerja bisa mendapatkan jaminan yang lebih baik dari BPJS Ketenagakerjaan, jadi nanti kita minta waktunya sebentar untuk melakukan sosialisasi “ kata narasumber dari BPJS Ketenagakerjaan KCP Kapuas Hulu.

Hj. Ana Mariana,S.T.,M.M selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu menekankan pentingnya jaminan kecelakaan kerja, mengingat peserta yang hadir ini merupakan tenaga kerja kita yang selalu turun kelapangan yang rutin mengawasi paket paket pekerjaan yang mulai dilaksanakan tahun ini, dan ini berlangsung setiap tahun.

“Memberikan rasa aman pada diri kita, merupakan hal paling utama dalam melaksanakan kerja, artinya kita kerja harus terjamin keselamatannya. Salah satunya memiliki jaminan baik melalui BPJS maupun jaminan lainnya, kalau yang PNS sudah memiliki BPJS nah untuk yang masih kontrak ini yang masih belum ada” ungkap beliau.

Disamping itu, sosialisasi ini dilakukan menindaklanjuti Surat dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Kapuas Hulu Nomor 800/173/BKS/D2KP-B tanggal 21 Januari 2019 tentang Jaminan Ketenagakerjaan. Pada hari ini 60-an tenaga kontrak Dinas PU, Bina Marga dan SDA yang hadir sebagai peserta, bersama para kepala bidang dan kepala seksi mengikuti acara tersebut yang diselenggarakan di dalam aula Dinas PU, Bina Marga dan SDA Kabupaten Kapuas Hulu.