Meningkatkan SDM Dengan Pelatihan GIS Tingkat Dasar

GIS (Global Information System) atau biasa dikenal Sistem Informasi Geografis (SIG) merupakan suatu komponen yang terdiri dari perangkat keras, perangkat lunak, data geografis dan sumber daya manusiayang bekerja bersama secara efektif untuk memasukan, menyimpan, memperbaiki, memperbaharui, mengelola, memanipulasi, mengintegrasikan, menganalisa dan menampilkan data dalam suatu informasi berbasis geografis.

Data yang akan diolah pada SIG merupakan data spasial yaitu sebuah data yang berorientasi geografis dan merupakan lokasi yang memiliki sistem koordinat tertentu, sebagai dasar referensinya. Sehingga aplikasi SIG dapat menjawab beberapa pertanyaan seperti; lokasi, kondisi, trend, pola dan pemodelan.

Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu, mengirimkan 6 orang untuk mengikuti Pelatihan GIS Tingkat Dasar yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) bekerja sama dengan GIZ dan Forclime, kegiatan yang berlangsung dari tanggal 7 s/d 9 Agustus 2019 ini banyak menyajikan materi dasar terkait pengoperasian aplikasi ArtGIS. “kita kedepan akan mengupayakan satu kabupaten satu data, nanti wali datanya ada di Dinas Kominfo” kata Kepala Bappeda saat membuka acara pelatihan GIS Tingkat Dasar di aula Bappeda.

Peserta diharapkan setelah pelatihan ini mampu membuat peta diinstansinya dengan aplikasi ArtGIS, “jadi kami akan menyajikan materi dasar dari pengertian dan konsep-konsep GIS, bagaimana mendapatkan maupun pengumpulan data lapangan dengan GPS, bagaimana memasukkan data serta mengolah data hingga menjadikannya sebuah peta dan bagaimana mencetak serta menyimpannya dalam bentuk file”. ungkap narasumber dari GIZ Thilda.

“Kami sangat berterima kasih, bisa mengikuti pelatihan, kesempatan ini harus kami manfaatkan dengan sebaik mungkin, mudah-mudahan ini menjadi bekal ilmu dan wawasan dalam bekerja nantinya, apalagi kami bekerja didinas teknis, yang pastinya bergelut dengan hal teknis dan salah satunya terkait pembuatan peta ruas jalan misalnya” kata Angga Sasmita, usai mengikuti pelatihan.

Foto Bersama Sekretaris Bappeda Kapuas Hulu dengan Peserta dan Narasumber
Pembukaan Pelatihan GIS oleh Kepala Bappeda Kab. Kapuas Hulu
Salah Satu Peserta mencoba membuat Peta dengan Aplikasi