BIMBINGAN TEKNIS DESAIN JALAN

JALAN adalah prasarana transportasi darat yang meliputi bagian jalan, termasuk bangunan pelengkap dan perlengkapannya yang diperuntukkan bagi lalu lintas, yang berada pada permukaan tanah, di atas permukaan tanah, di bawah permukaan tanah dan/atau air, serta di atas permukaan air kecuali jalan kereta api, jalan lori, dan jalan kabel. (UU RI No. 38 Tahun 2004 Tentang Jalan).

Pemerintah terus melakukan pembangunan jalan guna meningkatkan kehidupan sosial ekonomi masyarakat, terutama untuk wilayah perbatasan, jalan mempunyai fungsi selain sebagai penghubung wilayah juga merupakan ciri kemajuan suatu wilayah. Setiap waktu kemajuan teknologi terus dipacu, seiring dengan itu dalam merencanakan jalan juga perlu inovasi didalam perencanaannya agar jalan yang dibangun sesuai dengan peruntukannya dan nyaman untuk digunakan. Bahaya jika suatu daerah perencanaan jalannya tidak tepat akan menimbulkan beragam permasalahan terutama kecelakaan dalam berlalu lintas.

Balai Jasa Konstruksi Wilayah V Banjarmasin mengadakan Bimbingan teknis Desain Jalan di Pontianak guna meningkatkan sumber daya manusia didalam melakukan perencanaan atau desain jalan, baik kepada instansi pelaksana seperti Dinas PU, konsultan perencana maupun penyedia barang/jasa, “sebagai orang yang bertugas merencanakan jalan, harus dibekalkan dengan pengetahuan dan wawasan yang benar tentang jalan, sehingga jalan yang dibangun benar dan tepat sesuai dengan fungsinya” kata Ir. Bambang Irawan,M.T selaku narasumber.

Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu, mengirimkan 3 orang untuk mengikuti Bimbingan teknis tersebut yang dilaksanakan selama 3 hari di Hotel Orchard Pontianak yaitu Jajang Junaeri,A.Ma, Syahidin Syah dan Nikolaus Samsudin,A.Md.

“selama 3 hari, banyak aturan baik undang-undang maupun  peraturan pemerintah ataupun petunjuk teknis dan spesifikasi teknis dari Kementerian PUPR terkait jalan yang disampaikan oleh narasumber, dari konsep dasar jalan sampai  ke pembuatan analisa hingga sebuah laporan tentang perencanaan jalan jadi” kata Jajang Junaeri,A.Ma salah satu peserta dari Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu.

Sebelum berangkat, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu, Hj. Ana Mariana,S.T.,M.T menekankan untuk mengikuti kegiatan dengan baik, belajar dengan benar, pahami bagaimana proses bimbingan teknis nanti, kita ingin SDM yang ada didinas terus untuk ditingkatkan, ini peluang untuk kalian belajar, jadi manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik mungkin.

Bimtek Teknik Desain Jalan 2019
Foto Bersama Peserta Bimtek Teknik Desain Jalan