DPUBMSDA Lakukan Pembinaan Jasa Konstruksi di Desa Karya Mandiri

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu menggelar kegiatan Pembinaan Jasa Konstruksi di Desa Karya Mandiri kepada sekitar 30 orang, didominasi oleh masyarakat desa Karya Mandiri dan beberapa dari masyarakat desa sekitarnya, Rabu (12/11) lalu. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Desa Karya Mandiri A. Junaidi.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu, Hj. Ana Mariana, S.T.,M.M. yang juga sebagai Sekretaris Tim Pembina Jasa Konstruksi, Pembinaan Jasa Konstruksi ini di dasari sesuai dengan SK Bupati Kapuas Hulu Nomor 345 Tahun 2019 Tentang Pembentukan Tim Pembina dan Tim Sekretariat Jasa Konstruksi di Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Anggaran 2019.

“Pembinaan Jasa Konstruksi pada desa – desa dengan melakukan pelatihan serta meningkatkan kompentensi pelaku jasa konstruksi, harapannya pelaksanaan konstruksi di desa yang berkualitas, bermanfaat, dan dapat dinikmati masyarakat. Dan untuk bidang jasa konstruksi sendiri dapat memberikan pelayanan publik pada masyarakat”, ujar Ibu Hj. Ana Mariana, S.T.,M.M. saat ditemui ruang kerjanya.

Kepala Bidang Jasa Konstruksi Marthen, S.T.,M.T. selaku tim pembinaan Jasa Konstruksi pada Desa Karya Mandiri Kecamatan Hulu Gurung mengatakan kegiatan pembinaan jasa konstruksi ini merupakan bagian kegiatan rutin pembinaan jasa konstruksi. Undang – undang nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa konstruksi Pasal 4 huruf d, menyatakan bahwa pemerintah bertanggung jawab untuk meningkatkan Kompetensi, Profesionalitas dan produktivitas Tenaga Kerja Konstruksi Nasional dan Peraturan Pemerintah Tahun 2000 tentang Penyelenggaran Pembinaan Jasa Konstruksi. Pembinaan dan pengembangan jasa Konstruksi merupakan salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan Pembangunan dan Pelayanan Masyarakat Desa.

Pembinaan Jasa Konstruksi dimulai dengan penyampaian materi oleh Kepala Bidang Jasa Konstruksi Marthen, S.T.,M.T. tentang perencanaan campuran beton dan pengendalian mutu serta perencanaan mix design kepada peserta.

Kemudian dilanjutkan dengan praktek pencampuran beton. dan pembuatan benda uji kubus. Diharapkan masyarakat desa mampu melakukan kegiatan pembinaan jasa konstruksi peserta dan memahami dan selanjutnya dapat mengaplikasikan pekerjaan infrastruktur di desa. Sehingga mutu konstruksi sesuai dengan mix design formula dengan hasil yang baik.

“kami mengucapkan terima kasih banyak kepada tim pembinaan jasa konstruksi karena telah memberikan ilmu kepada masyarakat desa, jarang sekali bapak-bapak bisa hadir di desa semoga apa yang kita dapatkan hari ini dapat diterapkan di desa”, tutur kepala Desa Karya Mandiri Kecamatan Hulu Gurung saat menutup acara. (trh)