Pembinaan Jasa Konstruksi di Desa Riam Piang dan Marta Dana

PUTUSSIBAU, Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu kembali menggelar kegiatan Pembinaan Jasa Konstruksi di Desa Riam Piang Kecamatan Bunut Hulu dan Desa Marta Dana Kecamatan pengkadan yang dihadiri oleh masyarakat, Sabtu (16/11/19) lalu.

Kegiatan ini didasari sesuai dengan SK Bupati Kapuas Hulu Nomor 345 Tahun 2019 Tentang Pembentukan Tim Pembina dan Tim Sekretariat Jasa Konstruksi di Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Anggaran 2019.

Pada kesempatan ini bidang jasa konstruksi melakukan kegiatan pembinaan di dua desa sekaligus. Desa pertama yang di datangi yaitu desa Riam Piang Kecamatan Bunut Hulu, disambut oleh Kepala Desa Riam Piang, Alial dan jajaran perangkat Desa Riam Piang.

Presentasi materi pembinaan tentang perencanaan campuran beton dan pengendalian mutu serta perencanaan mix design kembali disampaikan oleh kepala Bidang Jasa Konstruksi, Marthen, S.T.,M.T.

Kemudian dilanjutkan dengan praktek pencampuran beton dan pembuatan benda uji kubus. “Kedepan jadi pelajaran kita, apa yang telah disampaikan tadi, bisa menambah pengetahuan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan fisik di desa” tutur kepala Desa Riam Piang Kecamatan Bunut Hulu saat menutup acara.

Pembinaan selanjutnya dilakukan di Desa Marta Dana Kecamatan Pengkadan. Rombongan tiba sekitar pukul 13.00 wib di kantor Desa Marta Dana. Rombongan disambut hangat oleh Kepala Desa beserta masyarakat.

Acara dibuka langsung oleh Kepala Desa Marta Dana, M. Yamin, dalam sambutan beliau menyambut baik kegiatan pembinaan ini. ”

Pada saat Praktek pencampuran beton dan pembuatan benda uji kubus Kepala Seksi Pengujian Konstruksi, Gusti Aisamuddin, S.T. menyampaikan “material yang digunakan harus bersih, baik batu maupun pasir. Untuk material pasir yang baik harus mengandung kadar lumpur dibawah 5 %, tidak lupa juga kita harus memperhatikan kebersihan takaran air yang digunakan. Untuk kekentalan campuran beton tidak boleh nilai slump di atas 18 cm.”

Menurut keterangan Kepala Desa Marta Dana  kebiasaan masyartakat dalam melaksanakan pekerjaan beton banyak mengunankan air, padahal rentang penggunaan Slump menggunakan melebihi rentang yang di isyaratkan. Kedepan dengan diadakan pembinaan seperti ini kami akan melaksanakan apa yang telah disampaikan dan mun

Mudahan- mudahan kita mempraktekan  dan sebagai panduan kita tatacara dari pembuatan beton. Karena selama ini desa Marta Dana kalau menggunakan Dana Desa sampai tahun 2019 banyak pekerjaan rabat beton, progam tahun 2020 banyak kegiatan pelatihan, mungkin kedepannya dapat mengundang bapak –bapak kembali sebagai pelatih, memberikan pelatihan pembinaan pembuatan beton kepada masyarakat, tutur kepala Desa Marta Dana Kecamatan Pengkadan saat menutup acara. (trh)