Dpubmsda Lakukan Uji Kompetensi dan Sertifikasi Operator dan Mekanik Alat Berat

Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (Dpubmsda) melakukan kerjasama dengan balai Material Peralatan Konstruksi. Pada kerjasama kali ini dilaksanakan kegiatan Uji Kompetensi dan Sertifikasi Operator dan Mekanik Alat Berat di tiga tempat yang berbeda, yakni PT. Arung Benua Nusantara di Nanga Era batas Kalimantan Timur, PT. Guci di sukamaju Kec. Mentebah dan PT. Cipta Sentosa di mensasak Kec. Hulu Gurung. Dalam kegiatan ini, panitia menargetkan 150 peserta, namun yang hadir dan mengikuti 185 peserta.

Uji Kompetensi dan Sertifikasi Operator dan Mekanik Alat Berat di Nanga Era dilaksanakan pada Selasa (10/12/2019), dibuka oleh Bung Tomo, S. Hut., M.M.

Bung Tomo menyampaikan kepada peserta agar fokus dalam uji kompetensi agar Kapuas Hulu memiliki operator dan mekanik alat berat yang telah disertifikasi. “Jika Kapuas Hulu sudah memiliki operator dan mekanik alat berat yang telah disertifikasi, kita tidak perlu lagi menggunakan tenaga dan menyewa operator dari luar”, kata Bung Tomo.

Setelah acara pembukaan selesai, kegiatan uji kompetensi dan sertifikasi pun dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Kalimantan Barat terdiri dari dua orang USTK dan dua orang asesor serta Manajer Eksekutif LPJK Kalbar Supardiono, SE., MM., MH. yang diikuti 110 peserta pada hari pertama.

Menurut Zainul Isnaini dari LPJK Kalbar, kegiatan uji kompetensi dan sertifikasi merupakan kegiatan yang rutin, LPJK Kalbar seringbekerjasama dengan Balai Banjarmasin dan Balai Jakarta. Kegiatan sejenis ini sering dilaksanakan di Sanggau, Kubu Raya, Sambas, Singkawang, Sintang dan lainnya, termasuk di dalamnya kegiatan untuk SMK dan Polnep.

“Kapuas Hulu sangat responsif dengan kegiatan ini, dilihat dari peserta yang membludak, yang artinya teman-teman dari dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air telah bekerja keras untuk melaksanakan kegiatan ini, lebih dari seratus orang yang terdiri dari masyarakat umum, bukan SMK atau Polnep”, ungkap Zainul.

Yustian selaku Balai Material Peralatan Konstruksi mengatakan kegiatan uji kompetensi dan sertifikasi ini bertujuan untuk pemberdayaan tenaga jasa konstruksi terutama di daerah-daerah, kemudian dinas-dinas terkait juga bisa bekerjasama dengan Balai Material dan Peralatan Konstruksi sehingga diketahui bahwa berurusan dengan pihak balai itu tidak sulit.

“Kapuas Hulu termasuk daerah yang pembinaan konstruksinya sangat aktif, staf kasi kabid hingga kadis yang solid sehingga dapat melaksanakan acara seperti ini dan dengan jumlah peserta yang luar biasa banyaknya”, ungkap Yustian.

Pada hari kedua kegitan Uji Kompetensi dan Sertifikasi Operator dan Mekanik Alat Berat dilaksanakan di PT. Guci Desa Sukamaju Kec. Mentebah pada Rabu (11/12/2019). Peserta yang hadir sekitar 30 orang.

Kegiatan terakhir dilaksanakan di PT. Cipta Sentosa Desa Mensasak Kec. Hulu Gurung diikuti sekitar 45 peserta. Secara keseluruhan jumlah peserta yang mengikuti Uji Kompetensi dan Sertifikasi Operator dan Mekanik Alat Berat berjumlah 185 orang. (toel)