KUNJUNGAN KERJA INSPEKTUR V INSPEKTORAT JENDERAL KEMENTERIAN KEUANGAN RI DI KABUPATEN KAPUAS HULU

Inspektur V jendral Kementerian Keuangan Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Kapuas Hulu, bersama tim pada Rabu 12/2/2020 di Putussibau.

Hj. Ana Mariana, S.T.,M.M Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Memberikan Arahan Pada Pertemuan Di Ruang Rapat Bupati

Selain melakukan pertemuan dengan semua OPD, DPRD, Instansi Vertikal di Aula Bupati Kapuas Hulu, tim juga melaksanakan kunjungan ke lokasi pekerjaan yang didanai oleh dana DAK (dana alokasi khusus) tahun anggaran 2019, salah satu pekerjaan yang dikunjungi adalah pada pekerjaan peningkatan ruas jalan kabupaten pada ruas jalan kedamin-nanga manday kecamatan Putussibau Selatan/Bika.

“kita ingin memastikan anggaran yang dikucurkan oleh pemerintah pusat untuk mendanai pekerjaan fisik khususnya di Kabupaten Kapuas Hulu ini sudah terealisasi dengan baik, serta kita juga mau memastikan apakah ketersediaan anggaran tersebut berimbang dengan panjang penangganan ruas jalan” katanya saat berdialog dengan rombongan sambil meninjau pada ruas jalan kedamin-nanga mandai.

Hj. Ana Mariana,S.T.,M.M selaku Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu juga menyampaikan, bahwasannya anggaran dari DAK dari tahun ke tahun terus berkurang, tahun 2017 kita mendapatkan DAK sebesar 82 Milayar, tahun 2018 menjadi 80 Milyar dan tahun 2019 turun lagi menjadi 66 Milyar dan pada tahun 2020 semakin turun menjadi 41 Milyar, ini akan berimbas kepada panjangnya penangganan jalan maupun jembatan, kondisi geografis Kabupaten Kapuas Hulu seperti yang tim lihat sangatlah sulit dan luasan kabupaten kapuas hulu ini hampir sebanding dengan 2 propinsi di jawa, katanya.

Walaupun demikian dengan dana yang ada, kita tetap memaksimalkan realisasi anggaran DAK tersebut dengan sebaik mungkin, agar masyarakat sebagai penikmat manfaat dari pembangunan jalan dan jembatan yang kita usulkan betul betul merasakan hadirnya pemerintah pusat diwilayah perbatasan ini.

Hadir pada acara kunjungan tim inspektur V Inspektorat Jenderal Kementerian Keuangan RI Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu, Kepala Bidang Bina Marga, Kepala Bidang Jasa Konstruksi, Kepala Bidang Sumber Daya Air, Kepala UPT UPJJ I dan II serta beberapa staf pada Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu.

Kepala Bidang Bina Marga, Muhammad Kharbi,S.T.,M.Sc “kita menyambut baik, kunjungan dari pihak kementerian langsung ini, apalagi tim meninjau pekerjaan yang kita tangani, artinya mereka melihat langsung kondisi wilayah kita yang menjadi beranda depan NKRI, jadi wajah terdepan indonesia ini harus menjadi prioritas pembangunan dari pusat, semoga kedepan akan ada tambahan anggaran untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan untuk kabupaten kapuas hulu”.