4 PAKET PEKERJAAN BERSUMBER DARI DAK FISIK TAHUN ANGGARAN 2020, SEMENTARA DI TUNDA PELAKSANAANNYA

Berdasarkan Surat Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 905/2622/Sj tanggal 27 Maret 2020 perihal Penghentian Proses Pengadaan Barang/Jasa Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Tahun Anggaran 2020.

Per 27 Maret 2020 seluruh proses pengadaan barang/jasa untuk seluruh jenis/bidang/sub bidang DAK Fisik selain Bidang Kesehatan dan Bidang Pendidikan, baik yang belum dan/atau sedang berlangsung proses pengadaan barang/jasa untuk sementara ditunda pelaksanaannya. Hal ini juga dipertegas dengan Surat Kementerian Keuangan Republik Indonesia Nomor S-247/MK.07/2020.

Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu Tahun Anggaran 2020 merupakan salah satu instansi yang mendapatkan Dana Alokasi Khusus Bidang Fisik.

“ada empat paket pekerjaan yang menggunakan Dana Alokasi Khusus, yaitu Pembangunan Jembatan Sungai Melancau Kecamatan Puring Kencana, Peningkatan Ruas Jalan Sejiram-Gurung Kecamatan Seberuang, Peningkatan Ruas Jalan Simpang Sekubah-Selimbau Kecamatan Jongkong/Selimbau dan Peningkatan Ruas Jalan Simpang Silat(Miau Merah) – Nanga Silat Kecamatan Silat Hilir yang ditunda pelaksanaannya pada tahun 2020 ” Kata Kepala Bidang Bina Marga, Muhammad Kharbi,S.T.,M.Sc.

Untuk pekerjaan fisik yang menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) tetap akan dilaksanakan “sampai saat ini belum ada edaran yang menegaskan tentang anggaran DAU, jadi proses pelaksanaannya akan tetap kita lanjutkan.

Penundaan pekerjaan yang bersumber dari DAK dilakukan sebagai wujud untuk percepatan dan penanggulangan mewabahnya Corona Virus Disease (Covid-19) yang melanda beberapa wilayah di Indonesia, sehingga diperlukan langkah-langkah cepat. Dalam mendukung langkah-langkah pemerintah dalam pencegahan mewabahnya Virus Corona, Hj. Ana Mariana,S.T.,M.M, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu, juga sudah mengambil langkah-langkah preventif yang didasarkan dari edaran Bupati Kapuas Hulu Nomor 800/646/BKS/D2KP-B tanggal 20 Maret. Salah satu yaitu membagi shift kerja kepada seluruh pegawai di dinas PUBMSDA, dan sekaligus melaksanakan penyemprotan disinfektan dilingkungan dinas serta menyediakan tempat cuci tangan supaya setiap pegawai/tamu yang datang atau pulang dapat membersihkan tangan.

Penyemprotan Disinfektan Disetiap Ruang Kerja Masing Masing Bidang
Arahan Kepala Bidang Bina Marga Terkait Penundaan Paket Pekerjaan DAK
Aksi Bersih Ruangan Bidang Jasa Konstruksi