KETERBATASAN ANGGARAN MEMBUAT RUAS JALAN LINGKAR MUPA – TRANSMIGRASI BELUM BISA DITANGANI

Kabupaten Kapuas Hulu memiliki 154 ruas jalan dengan status jalan kabupaten, yang ditetapkan berdasarkan Surat Keputusan Bupati Kapuas Hulu Nomor 365 Tahun 2017 tentang Penetapan Status Jalan Sebagai Jalan Kabupaten dan Jalan Desa Di Kabupaten Kapuas Hulu. 154 Ruas Jalan Kabupaten tersebut terletak di 23 kecamatan dalam wilayah kabupaten kapuas hulu dengan total panjang mencapai 1.108,330 km.

Berdasarkan hasil verifikasi sementara dengan P2JN Propinsi Kalimantan Barat, menetapkan status jalan dalam kondisi mantap (Kondisi Baik+Kondisi Sedang) sebesar 60,44% atau sepanjang ± 669,88 km dan sisanya dalam kondisi rusak berat dan rusak ringan.

Salah satu ruas jalan yang hingga saat ini belum bisa ditangani adalah ruas jalan Lingkar Mupa-Transmigrasi Kecamatan Putussibau Utara, ruas jalan ini masuk dalam ruas jalan dalam ibukota kabupaten, dan merupakan akses menuju kantor Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu serta lokasi rencana pembangunan Kantor Bupati yang baru.

Hj. Ana Mariana, S.T.,M.M, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu, menginformasikan bahwa “karena keterbatasan anggaran, jalan menuju dinas PUBMSDA belum bisa ditangani, seperti yang kita ketahui, jalan tersebut perkerasannya masih kerikil belum diaspal, dengan kondisi rusak dimana terdapat banyak lobang hampir disepanjang jalan menuju kantor PUBMSDA, yang panjangnya kurang lebih ±1.8 km” .

Kepala Bidang Bina Marga, Muhammad Kharbi,S.T.,M.Sc juga menyampaikan “kita berusaha menyesuaikan dengan kondisi yang ada, bersikap profesional untuk kepentingan umum, serta memperhatikan skala prioritas pembangunan daerah sehingga ruas jalan Lingkar Mupa-Transmigrasi hingga saat ini belum bisa ditangani, selain keterbatasan anggaran yang menjadi kendala”

. Ditambah lagi ada pemangkasan anggaran, terutama anggaran yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) untuk pembangunan fisik, maka paket yang menggunakan anggaran DAK ditunda dulu, jadi kita harus juga memahami kondisi saat ini, mewabahnya Covid -19.

Kondisi Jalan Yang Berlobang
Perkerasan Kerikil Sepanjang Jalan Lingkar Mupa – Transmigrasi
Genangan Air Dispanjang Jalan Lingkar Mupa-Transmigrasi