Pembinaan Campuran Beton di Desa Nibung berjalan lancar dengan tetap melakukan protokol kesehatan Covid-19

PUTUSSIBAU, – Pada Juni 2020 pemerintah pusat akhirnya memberlakukan istilah new normal setelah dua bulan sebelumnya melakukan social distancing, dengan tetap melakukan kegiatan seperti biasa namun tetap melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. Bidang Jasa Konstruksi kembali melanjutkan program kerjanya, salah satu diantaranya adalah pembinaan konstruksi pada desa tentang campuran beton. Sesuai arahan Kepala DPUBMSDA Hj. Ana Mariana S.T., M.M. semua kegiatan wajib melaksanakan protokol kesehatan covid-19.

Setelah Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) mendapat surat permohonan pembinaan konstruksi dari Desa Nibung Kecamatan Selimbau, Bidang Jasa Konstruksi pun melakukan pembinaan pada Kamis (24/06), pagi hari berangkat dari Putussibau menuju Jongkong, sesampai di Jongkong tim pembina dijemput oleh Kades Nibung, H. Agus Salim menuju Desa Nibung menggunakan speed boat.

Sesampainya di Desa Nibung, tim pembina konstruksi disambut hangat oleh masyarakat Desa Nibung. Kemudian di balai desa acara dimulai, Marthen, ST. MT selaku Kabid Jasa Konstruksi mempresentasikan materi campuran beton. Marthen menjelaskan tentang beton, material yang baik untuk beton, tata cara membuat beton sampai kepada bagaimana merawat beton. “Beton yang bagus itu beton yang memiliki nilai slump 6 – 18 cm, biasa kita ambil yang tengah 12 cm”, jelas Marthen.

Selesai presentasi acara dilanjutkan dengan praktek, praktek dijelaskan oleh Gusti Aisamuddin, ST. dibantu oleh staf dan melibatkan warga agar mereka lebih paham. Beton yang akan dibuat yaitu beton K-125, bahan-bahan yang telah disiapkan ditimbang sesuai dengan job mix. “Ini campuran beton dengan nilai slump 12 cm, campuran seperti ini yang biasa kita gunakan”, kata Gusti.

Di akhir acara Kepala Desa Nibung, H. Agus Salim berterima kasih kepada tim pembina karena telah datang dan berbagi ilmu. Agus baru menjadi kepala Desa Nibung selama dua bulan dan merencanakan akan membuat jalan beton di desanya. “Terima kasih kepada tim pembina konstruksi yang telah berbagi ilmu, setelah ini kita foto bersama”, tutup Agus. (toel)