Kadis DPUBMSDA Hadiri Pembinaan Konstruksi di Desa Keliling Semulung

PUTUSSIBAU, disbinamarga.kapuashulukab.go.id.com  – Di awal Bulan Juli 2020 Bidang Jasa Konstruksi kembali melanjutkan program kerjanya yaitu pembinaan konstruksi pada desa tentang perencanaan campuran dan pengendalian mutu beton. Sesuai arahan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Hj. Ana Mariana S.T., M.M. semua kegiatan wajib melaksanakan protokol kesehatan covid-19.

Pada Kamis (2/7) tim berangkat dari Putussibau menuju Desa Keliling Semulung, Kecamatan Embaloh Hilir dengan menggunakan speed boat, perjalanan pagi itu terkendala hujan lebat di Kota Putussibau namum tidak menyurutkan tim pembina untuk menuju ke lokasi. Sekitar 1,5 jam perjalanan akhirnya Ibu Kepala DPUBMSDA dan tim pembina konstruksi sampai di Desa Keliling Semulung, Kecamatan Embaloh Hilir.

Desa Keliling Semulung memiliki dua dusun yaitu Dusun Lubuk Semulung dan Semulung. Tiba di Desa Keliling Semulung tim pembina disambut oleh Sekdes Bernadus.

Kabid Jasa Konstruksi Marthen, ST. MT mempresentasikan materi perencanaan campuran dan pengendalian mutu beton di depan aparatur dan masyarakat Desa Keliling Semulung. Marthen menjelaskan tentang pengertian beton, material yang baik untuk beton, tata cara membuat beton sampai kepada bagaimana merawat beton.

“Beton itu campuran batu, pasir, semen dan air, Pasir yang baik itu harus pasir yang bebas dari lumpur, maksimal 5 %, jika lewat dari itu semen tidak akan bisa mengikat pasir secara sempurna”, jelas Marthen.

Acara dilanjutkan dengan praktek yang dijelaskan oleh Gusti Aisamuddin, ST.dibantu oleh staf dan melibatkan warga agar mereka lebih paham. Gusti memaparkan bahwa campuran beton ini telah diuji di lab sehingga bisa dibuat perencanaan kekuatan beton yang diinginkan.

“Ini campuran beton dengan nilai slump 12 cm, slump harus berkisar antara 6-18 cm, jika di atas 18 cm maka kekuatan beton jauh berkurang”, kata Gusti.

Di akhir acara Sekretaris Desa Keliling Semulung Bernadus mengucapkan terima kasih kepada tim pembina karena telah datang dan berbagi ilmu. “Mohon maaf jika dalam penyambutan tadi ada yang kurang berkenan, terima kasih sudah berbagi ilmu tentang perencanaan campuran dan pengendalian mutu beton kepada desa kami”, kata Bernadus sambil menutup acara di kantor Desa Keliling Semulung.