Kadis DPUBMSDA dan Camat Embaloh Hilir Ikut serta dalam Pembinaan Konstruksi

PUTUSSIBAU, disbinamarga.kapuashulukab.go.id.com  – Menindak lanjuti surat permohonan pembinaan konstruksi tentang perencanaan campuran dan pengendalian mutu beton dari Desa Nanga Embaloh Kecamatan Embaloh Hilir kepada Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA), tim pembina konstruksi melaksanakan pembinaan pada Kamis (2/7/20) di kantor desa setempat.

Sesuai arahan Kepala DPUBMSDA Hj. Ana Mariana S.T., M.M. semua kegiatan wajib melaksanakan protokol kesehatan Covid-19, tim pembina konstruksi pun melaksanakan protokol tersebut dengan menggunakan masker, membawa sabun dan hand sanitizer untuk mencuci tangan.

Kepala DPUBMSDA beserta Tim pembina konstruksi berangkat dari Putussibau menuju Desa Nanga Embaloh Kecamatan Embaloh Hilir dengan menggunakan speedboat, meskipun terkendala hujan lebat di Kota Putussibau namum tidak menyurutkan semangat tim pembina konstruksi untuk menuju ke Nanga Embaloh. Tim pembina disambut oleh Kepala Desa Nanga Embaloh, Andi.

Hj. Ana Mariana,ST. MM menyampaikan sambutan, duduk disebelahnya Camat Embaloh Hilir Chandra Ardiansyah, S.Sos. (Kanan) dan Kades Nanga Embaloh, Andi (kiri)

Dalam sambutannya kepala DPUBMSDA Hj. Ana Mariana S.T., M.M. menyampaikan bahwa DPUBMSDA memiliki bidang jasa konstruksi yang bertugas untuk memberikan pengetahuan kepada penyedia jasa dan pekerja tentang perencanaan campuran dan pengendalian mutu beton di setiap desa di Kabupaten Kapuas Hulu.

Selanjutnya Kabid Jasa Konstruksi Marthen, S.T., M.T. mempresentasikan materi perencanaan campuran dan pengendalian mutu beton di depan aparatur dan masyarakat Desa Nanga Embaloh. Marthen menjelaskan tentang pengertian beton, campuran material yang baik untuk beton, cara membuat beton sampai kepada bagaimana merawat beton.

“Campuran air yang baik untuk beton memiliki nilai slump 6-18 cm, kadar lumpur dalam pasir maksimal 5%, jika persyaratan seperti ini dipenuhi kita akan mendapatkan beton dengan kualitas yang baik”, jelas Marthen.

Kegiatan dilanjutkan dengan praktek yang dipaparkan oleh Gusti Aisamuddin, ST.dibantu oleh staf dan melibatkan masyarakat agar mereka lebih paham. Gusti mengatakan bahwa campuran beton ini telah diuji di lab sehingga bisa dibuat perencanaan kekuatan beton yang diinginkan.

“Saat mengaduk campuran beton harus diberi alas, jangan langsung di atas tanah agar campuran beton tidak bercampur dengan tanah dan rumput ”, tutur Gusti.

Gusti Aisamuddin mempraktekkan cara mencampur beton ditemani Kepala DPUBMSDA Hj, Ana Mariana, ST. MM

Di akhir acara Camat Embaloh Hilir, Chandra Ardiansyah, S. Sos menyampaikan jika ada desa yang mengirim surat permohonan pembinaan konstruksi diharapkan ada tembusan dari kecamatan.

“Kegiatan pembinaan ini sangat bermanfaat bagi desa, saya harap desa-desa di kecamatan embaloh hilir mendapatkan kegiatan serupa agar aparatur dan masyarakat di desa mengetahui bagaimana perencanaan campuran dan pengendalian mutu beton sehingga pembangunan di desa lebih maksimal”, tutup Chandra.