Pembinaan Campuran Beton di Desa Nanga Serian, Jongkong

PUTUSSIBAU, disbinamarga.kapuashulukab.go.id.com – Bidang Jasa Konstruksi kembali melanjutkan program kerjanya, salah satu diantaranya adalah pembinaan konstruksi pada desa tentang campuran beton. Sesuai arahan Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Hj. Ana Mariana S.T., M.M. semua kegiatan wajib melaksanakan protokol kesehatan covid-19.

Desa Nanga Serian yang biasa dikenal dengan nama Tampun seminggu sebelumnya telah mengirimkan surat permohonan pembinaan jasa konstruksi kepada DPUBMSDA, pada Jumat (25/06), tim pembina tiba di Desa Nanga Serian. Desa Nanga Serian terletak diantara Desa Bontai dan Desa Karya Baru/ Nanga Temenang. Desa Nanga Serian memiliki dua dusun yaitu Dusun Serian dan Dusun Kelampai.

Marthen mempresentasikan campuran beton yang benar kepada masyarakat di Desa Nanga Serian

Kabid Jasa Konstruksi Marthen, ST. MT mempresentasikan materi campuran beton. Marthen menjelaskan tentang apa itu beton, material yang baik untuk beton, tata cara membuat beton sampai kepada bagaimana merawat beton.

“Campuran beton yang baru dibuat sebaiknya jangan terkena sinar matahari langsung, biasanya beton dibentangkan terpal untuk melindungi dari sinar matahari dan disiram air agar kandungan air di dalam beton tidak cepat hilang, dengan demikian beton akan menjadi lebih kokoh”, jelas Marthen.

Acara dilanjutkan dengan praktek cara mencampur beton dipraktekkankan oleh Gusti Aisamuddin, ST. dibantu oleh staf dan melibatkan warga agar mereka lebih paham. Beton yang akan dibuat yaitu beton K-125, bahan-bahan yang telah disiapkan ditimbang sesuai dengan job mix. “Bahan-bahan yang kita gunakan telah diuji di lab, pasir yang digunakan juga memiliki kadar lumpur kurang dari 5 %”, kata Gusti.

Gusti Aisamuddin mempraktekkan cara mencampur beton di Desa Nanga Serian

Di akhir acara Kepala Desa Nanga Serian, M. Yamin mengucapkan terima kasih kepada tim pembina karena telah datang dan berbagi ilmu. M. Yamin baru menjadi kepala Desa Nanga Serian selama dua bulan.

“Mohon maaf jika dalam sambutan kami ada yang kurang berkenan dan terima kasih kepada tim pembina konstruksi yang telah berbagi ilmu”, kata Yamin di akhir acara.