Dinas PU Bina Marga Dan SDA Lakukan Survey Luasan Daerah Irigasi Menggunakan Drone

Bidang Sumber Daya Air Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu melaksanakan survey luasan irigasi dengan menggunakan drone di Nanga Danau Kauk Kecamatan Kalis dan Nanga Yen Kecamatan Hulu Gurung. Kegiatan ini dilaksanakan selama 4 (empat) hari dari tanggal 22 juli 2020 sampai dengan 25 juli 2020.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu menugaskan 2 (dua) orang pegawai untuk melakukan kegiatan tersebut yaitu Kepala Seksi Irigasi, Sungai, Danau dan Drainase Kamarudin, S.T. dan staf teknis Bidang Sumber Daya Air Riyuojumadi, S.T. .

Dijelaskan Kamarudin bahwa survey luasan irigasi dengan menggunakan drone merupakan cara yang relatif baru yang diterapkan di Bidang Sumber Daya Air. Dengan menggunakan drone luasan fungsional irigasi bisa dipastikan lebih aktual dan presisi yang pada akhirnya memudahkan pejabat yang berwenang dalam membuat kebijakan. “Kedapannya diharapkan semua daerah irigasi baik yang terdaftar di kepmen nomor : 14/PRT/M/2015 tentang Kriteria dan Penetapan Status Daerah Irigasi maupun yang tidak terdaftar tersedia peta irigasi yang dilengkapi dengan citra drone terbaru. Selama ini peta irigasi Bidang Sumber Daya Air mengandalkan citra satelit versi gratis yang tidak bisa diandalkan karena kurang aktual”.

Dalam proses mendapatkan citra drone dijelaskan juga ada beberapa tahapan antara lain menyiapkan detail daerah irigasi yang akan di ambil citranya, proses pengambilan foto dengan menerbangkan drone diatas lokasi irigasi dan proses penggabungan foto dengan menggunakan software/aplikasi Agisoft. Setelah proses penggabungan foto selesai selanjutnya proses digitasi untuk mendapatkan luas irigasi dengan menggunakan software/aplikasi ArcGis/QGis.

Penggabungan foto menggunakan software/aplikasi Agisoft yang memekan waktu lama, tergantung jumlah foto dan luasan area yang digabungkan