DPUBMSDA Monitoring Pembinaan Jasa Kontruksi

Kegiatan Monitoring Pembinaan Jasa Kontruksi di Desa Mubung Kecamatan Hulu Gurung dan Desa Hulu Pengkadan Kecamatan Pengkadan.  

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Bidang Jasa Kontruksi Bapak Marthen, ST. MT, Plt. Kasi Pengawasan dan Pemberdayaan Jasa Kontruksi  Jamaliah, Kepala Desa dan Seluruh staff di bidang Jasa Kontruksi.

Dalam arahannya pada saat memberikan materi tentang Mutu Beton, Marthen mengatakan bahwa beton terdiri dari beberapa campuran, seperti semen portland, batu, pasir dan air dengan komposisi yang sudah ditentukan.

“ batu yang baik untuk beton adalah batu yang memiliki kekerasan maksimal atau yang sudah diuji mutunya tidak lebih dari 40% hancur ,sedangkan semen bisa disesuaikan asalkan sudah berlisensi SNI, nah untuk air, air yang baik adalah air yang tidak mengandung garam” Jelas Marthen

“untuk tahap pemeliharaan beton yang perlu kita perhatikan adalah suhu, pada tahap pengeringan beton, suhu harus stabil oleh karena itu diusahakan setelah pengecoran beton harus dilindungi atau tertutup dari sinar matahari langsung dengan cara menutupnya,” ungkap Marthen

Salah satu penyebab retak pada beton adalah dikarenakan perbedaan suhu, pada saat ada perbedaan suhu, terjadi kembang susut beton dan lama kelamaan mutu beton yang paling rendah akan mengalami keretakan, untuk mengatasi retakan pada beton bisa dengan cara pemotongan 1/3% dari tebal beton pada setiap 2-4m.

“kami selaku penyelenggara berterima kasih kepada teman-teman yang sudah hadir dan mempunyai waktu luang untuk mengikuti pembinaan jasa kontruksi ini, akhir kata dari kami Terima Kasih” Ungkap Marthen diujung acara.