Mahasiswa Polnep PDD Kabupaten Kapuas Hulu Antusias Mengikuti Praktikum di Laboratorium DPUBMSDA

PUTUSSIBAU, disbinamarga.kapuashulukab.go.id.com  – Kegiatan praktikum merupakan tindak lanjut MOU antara Politeknik Negeri Pontianak dan Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu dalam rangka meningkatkan kompetensi mahasiswa. Selain hal tersebut di atas, kegiatan ini merupakan salah satu dukungan Pemerintah Daerah atas berdirinya Polnep di Kabupaten Kapuas Hulu. Kegiatan Praktikum yang dilakukan oleh mahasiswa Teknik Sipil PDD POLNEP Kapuas Hulu di Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu yang dibimbing langsung oleh Teknisi Pengujian Laboratorium.

 Kegiatan ini dibagi menjadi tiga kelas yaitu kelas Sipil A, Sipil B, dan Sipil C. Pelaksanaan Kegiatan Praktikum berlangsung selama 30 hari  mulai tanggal 15 Juni 2020 sampai dengan 24 Juli 2020. Adapun kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa adalah kegiatan praktikum keausan agregat kasar menggunakan Los Angeles MachineEkstraction Test, dan Marshall Test. Dengan praktikum  ini diharapkan mahasiswa dapat mengetahui tahapan pekerjaan yang baik, menentukan material dan merencanakan mutu pekerjaan sesuai standar yang disyaratkan.

Kegiatan praktikum meliputi, Pengujian ekstraction test (pengujian kadar aspal pada campuran aspal), Pengujian keausan agregat kasar dengan menggunakan Los Angeles Machine, Pengujian Marshall Test (pengujian stabilitas campuran aspal).

Hasil dari kegiatan ini diharapkan mahasiswa dapat memahami dan mempraktekkannya dalam dunia kerja. Dedi Virnawan, S.T., M.Tr.T. di temui di tempat kerjanya. “Kegiatan kerjasama praktikum ini diharapkan dapat berkelanjutan sampai Polnep PDD Kab. Kapuas Hulu memiliki peralatan yang lengkap dan teknisi yang berkompetensi”, tutur Dedi sebagai dosen pembimbing mahasiswa. (wahyu)