Pembinaan Jasa Konstruksi memberi solusi menjaga kualitas beton.

PUTUSSIBAU, disbinamarga.kapuashulukab.go.id.com  – Desa Hulu Pengkadan merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Pengkadan. Pelaksanaan pembangunan di desa ini pada umumnya untuk pekerjaan bangunan rumah dan jalan sudah menggunakan beton. Pada tahun anggaran 2020 ini kegiatan fisik desa yang bersumber dari Anggaran Dana Desa umumnya menggunakan beton. Beton merupakan suatu bahan komposit (campuran) dari beberapa material, yang bahan utamanya terdiri dari campuran antara semen, agregat halus, agregat kasar air dan tanpa bahan tambah lain dengan perbandingan tertentu. Karena beton merupakan komposit, maka kualitas beton sangat tergantung dari kualitas masing-masing material pembentuk.

Marthen menyampaikan materi campuan beton yang benar kepada masyarakat di desa Hulu Pengkadan

Pada Saat pembinaan jasa kontruksi yang bertempat di Gedung Serba Guna Desa Hulu Pengkadan, Sabtu (24/07/2020)  Marthen, ST. MT selaku Kabid Jasa Konstruksi memaparkan materi perencanaan campuran beton. Marthen menjelaskan tentang beton, material yang baik dan cara merawat beton. “Beton merupakan campuran semen, kerikil, pasir dan air dengan menggunakan komposisi tertentu, yang perlu di perhatikan material yang di gunakan harus bersih dan tidak mengandung lumpur.”, jelas Marthen.

Setelah materi pembinaan jasa konstruksi dipaparkan, acara dilanjutkan dengan praktek, praktek dijelaskan oleh Gusti Aisamuddin, ST. dibantu oleh staf dan melibatkan warga yang hadir. Pratek pencampuran adukan beton dan pengendalian mutu dilakukan dengan tujuan agar peserta pembinaan dapat lebih memahami materi dan bisa praktek langsung dengan di bantu oleh tim pembinaan.. “Permasalahan yang sering terjadi pada pekerjaan beton di desa mengenai penambahan air yang tidak sesuai standar, sehingga dengan praktek ini pekerjaan konstruksi di desa atau kita yang ada di sini dapat mengetahui secara visiual nilai slump test yang sesuai ”, kata Gusti.

Gusti Aisamuddin mempraktekkan cara mencampur beton

Di akhir acara Kepala Desa Hulu Pengkadan , Masran berterima kasih kepada tim pembinaan karena telah datang, berbagi ilmu kepada masyarakat dengan pekerjaan beton di desa menjadi lebih baik. Masran baru menjadi kepala Desa Hulu Pegkadan selama dua bulan dan merencanakan akan membuat jalan beton di desanya. “Terima kasih kepada Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air yang telah membimbing kami, harapannya ke depan pekerjaan beton yang di laksanakan di desa ini menjadi baik dan bermutu tinggi.”, tutup Masran. (V3S)