Wujudkan Beton Mutu Tinggi di Desa Pinang Laka lewat pembinaan Jasa konstruksi

PUTUSSIBAU, disbinamarga.kapuashulukab.go.id.com  – Beton merupakan salah satu bahan konstruksi yang umum digunakan untuk bangunan gedung, jembatan, jalan dan lain – lain. Beton ini didapatkan dengan cara mencampur agregat halus (pasir), agregat kasar (kerikil, batu), air dan semen Portland dengan perbandingan tertentu sehingga menjadi satu kesatuan yang homogen. Pada pembinaan jasa konstruksi,rabu (22/7/2020) Marthen, S.T., M.T. mempresentasikan materi perencanaan campuran dan pengendalian mutu beton di depan aparatur dan masyarakat Desa Pinang Laka.

Marthen menjelaskan tentang pengertian beton, campuran material yang baik untuk beton, cara membuat beton dan bagaimana cara melakukan perawatan beton. “Campuran air yang baik untuk beton memiliki nilai slump 6-18 cm, kadar lumpur dalam pasir maksimal 5%, jika persyaratan seperti ini dipenuhi kita akan mendapatkan beton dengan kualitas yang baik”, jelas Marthen.

Setelah materi pembinaan di sampaikan, acara dilanjutkan dengan praktek Campuran Pengendalian Mutu Beton yang dipaparkan oleh Venansius Tri S, S.T. bersama tim pembinaan dan melibatkan masyarakat agar mereka lebih memahami. Tri menyampaikan bahwa campuran beton yang ingin dibuat harus menggunakan material bersih dan memperhatikan nilai slump yang diisyaratkan. “material yang bersih dan nilai slump yang sesuai sangat mempengaruhi mutu beton ”, tutur Tri.

Di akhir acara Kepala Desa Pinang Laka, Mahmud yang turut serta dalam kegiatan pembinaan menyampaikan ucapan terima kasih “Pembinaan yang dilaksanakan di desa ini sangat bermanfaat bagi pelaku pembangunan di desa khusus untuk pekerjaan beton, saya harap pembangunan jalan di desa kami dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat, tutup Mahmud saat ditemui tim pembinaan di akhir acara. (V3S)