Meski Banjir, Pembinaan Jasa Konstruksi di Desa Desa Bontai Tetap Dilaksanakan

PUTUSSIBAU, disbinamarga.kapuashulukab.go.id.com – Beberapa minggu terakhir banjir  melanda beberapa tempat di Kapuas Hulu karena curah hujan yang tinggi. Salah satu desa yang banjir yaitu Desa Bontai, dusun yang terletak di dekat Sungai Embau airnya naik sehingga sepeda motor dan mobil ada yang terparkir di jalan lintas selatan. Meskipun demikian tidak menyurutkan niat Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Kabupaten Kapuas Hulu untuk melakukan pembinaan konstruksi melalaui Bidang Jasa Konstruksi yang mempunyai program prioritas yaitu kegiatan Pembinaan Jasa Konstruksi di Desa Bontai  Kecamatan Jongkong, Selasa (28/7/2020) lalu.

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Kepala Desa Bontai, Suparto, pertama-tama pihak desa sangat berterima kasih atas kedatangan Tim Pembinaan Jasa Konstruksi di Desa Bontai, adanya kegiatan pembinaan campuran mutu beton merupakan pengalaman dan ilmu yang sangat berharga bagi masyarakat yang selama ini bekerja berdasarkan dengan pengalaman.

“Diharapkan peserta yang hadir dapat mengikuti acara dengan serius sehingga dapat memahami ilmu yang akan disampaikan oleh Tim Pembina Konstruksi” ujar Suparto sambil membuka acara.

Marthen, ST. MT menyampaikan materi pembinaan mutu beton

Pada kesempatan tersebut Kepala Bidang Jasa Konstruksi Marthen, S.T. M.T., selaku Tim Pembinaan Jasa Konstruksi menyatakan pembinaan mutu beton tingkat desa merupakan tujuan dari kerjasama yang dibangun melalui program Bidang Jasa Konstruksi.

Undang – undang nomor 2 tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi Pasal 85 tentang partisipasi masyakakat Jasa Konstruksi, menyatakan bahwa masyarakat dapat berpartisipasi dalam pengawasan penyelenggaraan jasa konstruksi, dan masyarakat dapat mengakses informasi dan keterangan terkait dengan kegiatan konstruksi merupakan salah satu unsur penting dalam penyelenggaraan pembangunan dan pelayanan masyarakat desa.

Kegiatan pembinaan Jasa Konstruksi dimulai dengan penyampaian materi oleh Kepala Bidang Jasa Konstruksi Marthen, S.T., M.T. tentang perencanaan campuran beton dan pengendalian mutu serta perencanaan mix design kepada peserta. Kemudian dilanjutkan dengan praktek pencampuran beton dan pembuatan benda uji kubus. Setelah pembinaan konstruksi ini diharapkan masyarakat desa mampu memahami dan selanjutnya dapat mengaplikasikan pekerjaan infrastruktur di desa sehingga mutu konstruksi sesuai dengan SNI.

“Material pasir harus bersih dari lumpur, batu harus keras dan air yang dicampurkan jangan terlalu banyak, dengan demikian kita dapat menghasilkan beton dengan baik dan benar”, ujar Marthen saat mempresentasikan materi pembinaan jasa konstruksi.

Di akhir acara, Kepala Desa Bontai, Suparto mengatakan bahwa kegiatan pembinaan konstruksi ini merupakan momentum yang bagus, kami berharap kegiatan seperti ini dapat berlanjut. “Terima kasih kepada DPUBMSDA karena telah mengadakan kegiatan ini, Desa Bontai siap bekerjasama dengan kegiatan serupa karena ilmu yang disampaikan akan sangat berguna bagi Desa Bontai ”, tutur Suparto selaku kepala Desa Bontai, Kecamatan Jongkong saat menutup acara. (rs)