Pelatihan Konstruksi Beton Standar Bagi Apratur dan Masyarakat di Desa Mubung

PUTUSSIBAU, disbinamarga.kapuashulukab.go.id.com  – Di akhir bulan Juli 2020 Bidang Jasa Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) melakukan pembinaan konstruksi tentang campuran beton di Desa Mubung, Kecamatan Hulu Gurung. Menindak lanjuti surat permohonan pembinaan konstruksi dari Desa Mubung, tim pembina konstruksi melaksanakan pembinaan pada Sabtu (25/7/2020). Tim Pembina Konstruksi tiba di Desa Mubung sekitar pukul 13:00 WIB langsung menuju kantor desa yang terletak tepat di tepi lapangan sepak bola Desa Mubung. Akses menuju Desa Mubung tergolong mudah karena Desa Mubung tepat dilalui oleh Jalan Nasional Ruas Simpang Sejiram – Semangut.

Tim pembina konstruksi yang dipimpin langsung oleh Kabid Jasa Konstruksi, Marthen, ST. MT. disambut oleh perangkat desa dan masyarakat Desa Mubung. Tim pun memasuki Kantor Desa Mubung, setelah alat dan bahan siap presentasi tentang campuran beton pun dimulai. Presentasi kembali dilakukan oleh Marthen seperti pada desa-desa sebelumnya.

Saat presentasi Marthen menceritakan kepada audience jika dia pernah mengunjungi Desa Mubung jauh ke dalam hutan saat malam hari. Menurut Marthen, batu dan pasir yang digunakan di daerah Mubung dan sekitarnya sudah cukup baik, batu sudah menggunakan batu dengan tingkat kekerasan yang sesuai standar, pasir biasanya menggunakan pasir sungai yang memiliki kadar lumpur di bawah 5%.

“Semua material sudah baik, semen SNI, pasir punya kadar lumpur rendah, batu memiliki tingkat kekerasan sesuai standar, biasanya yang jadi masalah di sini adalah air, terkadang kita memberi air terlalu banyak agar mudah kerja, jika air sedikit pengerjaannya akan memakan banyak tenaga”, ujar Marthen.

“Kami hanya memberi tahu ilmu-ilmu yang kami dapatkan, dan bidang kami bidang jasa konstruksi memiliki tanggungjawab untuk menyampaikan bagaimana cara membuat beton dengan baik dan benar, apakah bapak ibu mau melakukannya itu tergantung bapak ibu”, lanjut Marthen.

Setelah presentasi dilakukan, acara dilanjutkan dengan prektek mencampur beton. Pada praktek kali ini disampaikan oleh Venansius Tri Sugiyoharto, ST. dan Fachrul Nopriadi Raden, ST. dibantu oleh warga setempat. Warga setempat dilibatkan dikarenakan jika mereka melakukan praktek, warga akan lebih paham.

“Material pasir ini sudah bersih, batu yang kita bawa batu yang tingkat kekerasannya sesuai standar, semen sudah semen SNI, dan air akan kita berikan sesuai job mix, tinggal kita campur sesuai prosedur”, ucap Tri.

Setelah campuran beton diaduk, tahap terakhir adalah slump test. “Ini adalah gambaran beton dengan nilai slump 12, kadar air seperti ini yang paling pas untuk pengecoran beton, mudah kerja dan beton yang dihasilkan memiliki mutu yang bagus”, ungkap Tri yang merupakan pegawai DPUBMSDA dari Benua Martinus ini mantap.

Di akhir acara Kepada Desa Mubung, Ismail mengungkapkan jika pihak pemerintah desa sangat terbantu dengan kegiatan pembinaan jasa konstruksi. “Semoga ilmu yang disampaikan bisa dilaksanakan oleh masyarakat dan kami sangat sangat berterima kasih serta ke depannya kami berharap kegiatan pembinaan bisa berjalan untuk seluruh desa di Kapuas Hulu”, pungkas Ismail . (el)