Bidang Bina Marga Survei 49 Ruas Jalan

PUTUSSIBAU – Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu melakukan survei kondisi jalan. Survei kondisi jalan merupakan kegiatan rutin tahunan bidang bina marga. Berpedoman pada Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Nomor 15/PRT/M/2007 tentang Pedoman Survei Kondisi Jalan Tanah dan atau Kerikil dan Kondisi Rinci Jalan Beraspal untuk Jalan Antar Kota. survei kondisi jalan dilakukan dengan mendata tipe permukaan, kondisi perkerasan, jembatan, box culvet/gorong-gorong dan saluran yang terdapat pada ruas jalan yang di survei.

Yudhi Sumarno,A.Md Plt Kepala Seksi Pembangunan Jalan “Survei kondisi jalan sudah dilakukan dari bulan Juni dan baru 49 ruas jalan yang disurvei dari 154 ruas jalan yang kita tangani” katanya.

Setelah data survei selesai nantinya akan diverifikasi oleh Balai Pelaksana Jalan Nasional Kalimantan Barat dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat yaitu Pusat Fasilitasi Infrastruktur Daerah (PFID).

Selain itu data survey kondisi jalan yang sudah diverifikasi merupakan salah satu komponen indeks teknis yang akan mempengaruhi besaran DAK (dana alokasi khusus). Minggu ini akan dilanjutkan survey kondisi terhadap 105 ruas jalan yang belum disurvey,

“tim survey yang diturunkan sama dengan tim survey sebelumnya, adapun ruas jalan yang akan disurvey masih seputaran dalam kota dan beberapa ruas jalan dikecamatan terdekat dengan putussibau”. (Editor: Nikolaus Samsudin)