Pelaksana, Konsultan Pengawas Dan Direksi Pekerjaan Melakukan Pengujian Sancone Dan Trial Beton

PUTUSSIBAU-Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu melakukan Pengujian Sand Cone dan Trial Beton, Sabtu 8 Agustus 2020, pada paket proyek peningkatan jalan kabupaten Ruas Jalan Menendang – Nanga Temenang Kecamatan Pengkadan/Jongkong

Kegiatan pengujian Sand Cone dilakukan sesuai dengan syarat pengujian dalam spesifikasi teknis dan jumlah titik sandcone dilakukan perlima puluh meter penanganan untuk item pekerjaan Lapis Pondasi Agregat Tanpa Penutup Aspal. Kegiatan trial beton untuk item pekerjaan beton fc’ 30 Mpa (Box Culvert), Beton fc’ 20 Mpa dan Beton fc’ 10 Mpa (Bahu Jalan) dilakukan sesuai dengan komposisi masing-masing job mix formula.

Proses pelaksanaan kegiatan pengujian sandcone dan trial beton dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 16.00 WIB. Pengujian Sand Cone dilakukan dengan menggunakan peralatan dan bahan yang diperlukan sesuai dengan spesifikasi teknis dan pengujian. Sand Cone ini juga dilakukan untuk mengetahui kepadatan Lapis Pondasi Agrgeat Tanpa Penutup Aspal apakah sudah sesuai dengan yang telah di persyaratkan dalam design mix formula. Proses Trial Beton menggunakan peralatan Concrete Mixer (molen) dan bahan yaitu semen, batu pecah, pasir dan air. Trial Beton dilakukan untuk mengetahui hasil uji tekan beton apakah sesuai dengan kuat tekan yang terdapat pada job mix formula.

Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh penyedia jasa CV. Borneo Indah, diawasi oleh Direksi Pekerjaan Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air dan Konsultan Supervisi CV. Nilam Griya Utama selaku Konsultan Pengawas (editor:Maryadi)