DPUBMSDA Gelar Workshop Penulisan Berita

DPUBMSDA bersama dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kabupaten Kapuas Hulu menggelar Workshop penulisan berita di Aula Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air, Kamis (6/8/2020). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh pegawai di DPUBMSDA Kabupaten Kapuas Hulu

Dalam arahannya, Dedy selaku Sekretaris DPUBMSDA Kabupaten Kapuas Hulu mengatakan tujuan kegiatan ini untuk melatih pegawai DPUBMSDA dalam penulisan berita. “Harapannya nanti kita bisa memberikan berita seputar kegiatan-kegiatan kita di dinas ” Ungkap Dedy.

Lebih lanjut Dedy mengatakan bahwa penulisan berita akan menjadi salah satu syarat untuk memenuhi hasil perjalanan dinas.

Lukman sebagai narasumber menjelaskan cara penulisan berita yang terdiri dari unsur 5W+1H yaitu What (Apa), When (Kapan), Why (Kenapa), Who (siapa), Where (Dimana) dan How (Bagaimana). Lukman menjelaskan penulisan berita dibagi menjadi 3 bagian, yaitu Judul, Lead dan Isi.

Lebih lanjut Lukman menjelaskan ada 2 unsur yang dipakai pada saat menuliskan Judul yaitu Siapa dan Apa, didalam Kalimat Utama atau Lead, ada 4 unsur yang digunakan , yaitu Siapa, Apa, Kapan dan Dimana. Terakhir di kalimat isi diberikan unsur Bagaimana dan Kenapa.

Selain itu Zikri memberikan penjelasan mengenai tehnik foto untuk berita yang diambil menggunakan unsur 5W+1H.

“Pengambilan foto juga harus menggunakan unsur 5W+1H, contoh pada saat sekarang saat kita sedang berkumpul untuk mengikuti kegiatan ini, cara untuk menunjukkan supaya didalam foto pun bisa menjelaskan kegiatan adalah dengan mengambil Baleho yang pasti didepannya ada orang-orang penting yang datang, serta didalam foto tersebut juga menunjukkan peserta yang hadir” Jelas Zikri

Setelah mendapat cara penulisan berita, pihak Diskominfotik melakukan praktek secara langsung penulisan berita yang diikuti oleh seluruh pegawai DPUBMSDA.