DINAS PUBMSDA BONGKAR JEMBATAN KAYU PADA RUAS JALAN NANGA MANDAY-NANGA EMBALOH

PUTUSSIBAU – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu memasuki minggu ke 11 melakukan pembongkaran pada jembatan STA 00+205 pada ruas jalan Nanga Manday – Nanga Embaloh. Sabtu 22/08/2020.

Proses pembongkaran dilakukan oleh pelaksana lapangan dengan menggunakan alat berat excavator. Yudhi Sumarno,A.Md Penanggungjawab lapangan mengatakan “pekerjaan minggu ini mobilisasi material tanah timbunan pilihan yang didatangkan dari luar lokasi dan akan digunakan pada STA penanganan dan pembongkaran jembatan kayu yang akan kita bangun baru dengan menggunakan excavator”.

Akibat gerusan air, bagian dasar sungai mengalami pendalaman dan tepian sungai juga terkikis, oleh karena itu Jembatan akan dibangun lebih panjang dari sebelumnya, awalnya jembatan ini hanya 14 meter dan saat ditinjau kembali sebagaimana kondisi saat ini, itu sudah tidak layak, sehingga perlu dipanjangkan, direncanakan 18 meter.

“kita upayakan untuk menyelesaikan secepatnya jembatan yang barusan kita bongkar, supaya lalu lintas tidak terhambat, apalagi akses jalan ini merupakan satu satunya akses jalan darat yang menghubungkan kecamatan Embaloh Hilir dengan ibukota kabupaten” ungkap Yudhi.

Disaat bersamaan proses pengerjaan Geotekstil juga berlangsung dilokasi pekerjaan, cuaca panas maka pekerjaan akan terus dipacu, karena jika sudah hujan maka pekerjaan akan terhambat, apalagi di beberapa lokasi jalan agak licin. (editor:ns)