KONDISI TOPOGRAFI RUAS JALAN LINGKAR KOTA KECAMATAN BUNUT HILIR SEBAGIAN MENGALAMI PERGESER DAN RETAK

Putussibau – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu (DPUBMSDA) Bidang Bina Marga melaksanakan kegiatan Monitoring Lapangan yang dilakukan Direksi Lapangan pada Ruas Jalan Lingkar Dalam Kota Nanga Bunut Kecamatan Bunut Hilir Sabtu 22/08/2020.

Syahidin Syah sebagai Penanggungjawab Lapangan yang ditugaskan oleh Pejabat Pembuat Komitmen Muhammad Kharbi, S.T.,M.Sc tanggal 21-22 Agustus 2020 untuk Monitoring semua kegiatan yang dilaksanakan oleh Penyedia Jasa / kontraktor pelaksana lapangan Pada Ruas Jalan Lingkar Dalam Kota Nanga Bunut Kecamatan Bunut Hilir.

Kondisi Topografi daerah yang dikerjakan pada Ruas Jalan Lingkar Dalam Kota Nanga Bunut Kecamatan Bunut Hilir merupakan daerah yang rendah, sehingga perlu dilakukan peningkatan badan jalan. Mengingat material setempat tidak memenuhi syarat speksifikasi Teknis, maka untuk tanah timbunan perlu didatangkan dari luar lokasi penanganan dan harus memenuhi syarat spesifikasi teknis.

Pada STA 01+480 terjadi penurunan yang menyebabkan retak pada badan jalan sepanjang kurang lebih 10 meter hal ini diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi hingga pada daerah tersebut harus dilakukan Stabilisasi tanah kembali agar daya dukung tanah dasar bisa menopang konstruksi diatasnya.

“kemarin saat dilapangan saya melihat langsung tanah yang retak, hampir setengah badan jalan mengalami retak dan runtuh, jadi perlu dilakukan stabilitasi tanah pada bagian yang retak” ungkap Syahidin Syah.

Walaupun demikian DPUBMSDA tetap Optimis bahwa Ruas Jalan Lingkar Dalam Kota Nanga Bunut Kecamatan Bunut Hilir dapat diselesaikan tepat waktu sampai berakhirnya kontrak kerja. (editor : SS)