Pembuatan Box Culvert di Ruas Jalan Nanga Boyan – Nanga Suruk

Putussibau –  Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, dan Sumber Daya Air lakukan pembuatan Box Culvert, Rabu (26/8/2020) pada Ruas Jalan Nanga Boyan – Nanga Suruk Kecamatan Boyan Tanjung/Bunut Hulu Tahun Anggaran 2020.

Box Culvert merupakan konstruksi beton bertulang berbentuk kotak atau persegi dengan fungsi sebagai media drainase sistem tanam yang serupa dengan gorong – gorong. Bentuk dan ukurannya telah ditentukan sesuai gambar rencana. Proses pembuatannya dari pemasangan baja tulangan dan pengecoran beton, dilakukan ditempat titik yang akan dipasang box culvert di ruas jalan tersebut. Erwan Adisurya, selaku pengawas lapangan pekerjaan tersebut mengatakan, ”pekerjaan harus dilakukan secara hati – hati sesuai dengan prosedur pekerjaan beton, mengingat mutu beton harus sesuai dengan yang direncanakan”.

Untuk menjaga mutu beton agar tetap baik setelah pengecoran harus dilakukan curing (perawatan beton) sampai umur masa beton yang disyaratkan dalam spesifikasi teknis pekerjaan struktur beton.

Sebelum memulai pengecoran beton, tahapan pekerjaan terlebih dahulu harus dilakukan Trail Lapangan dengan mengacu pada jobmix formula , bahan yang digunakan untuk pekerjaan box culvert terdiri dari baja tulangan, pasir, semen dan batu pecah.