Core Drill Ruas Jalan Mataso-Ulak Pauk

Bidang Bina Marga DPUBMSDA Kabupaten Kapuas Hulu melakukan peningkatan ruas jalan Mataso – Ulak Pauk yang ada pada kecamatan Embaloh Hulu. Saat ini di ruas jalan tersebut tahapan pelaksanaan sudah selesai triall untuk pekerjaan konstruksi Lapis Tipis Aspal Beton/Hot Rolled Sheet (HRS) yakni HRS Lapis Aus/Wearing Course (HRS-WC).

Untuk memastikan pekerjaan sudah memenuhi syarat baik secara kuantitas maupun kualitas maka dilakukan opname pada pekerjaan HRS-WC yakni dengan dilakukannya Core Drill dengan menggunakan mesin khusus core  untuk mendapatkan benda uji inti pada ruas jalan Mataso – Ulak Pauk yang dilaksanakan oleh Direksi Teknis, Konsultan Pengawas dan Penyedia Jasa pada hari Sabtu 29 Agustus 2020.

Opname HRS-WC ini bertujuan untuk mengetahui volume yang terpasang dilapangan yaitu tebal lapisan aspal yang terpasang sesuai tidak dengan volume Kontrak/Addendum. Dari benda uji inti yang didapat dari core drill selanjutnya akan diuji di laboratorium guna mengetahui kepadatan (density) dari konstruksi jalan. Opname tebal (Core Drill) dilakukan per 25 meter maju secara zigzag. Dari hasil core drill diketahui bahwa tebal yang terpasang memenuhi tebal yang direncanakan.

Setelah hasil dari pengujian benda uji inti pekerjaan HRS WC selesai dan memenuhi secara kualitas dan kuantitas maka pekerjaan HRS-WC dapat dilanjutkan sampai selesai.