Kabid Bina Marga Dan Kasi Perencanaan Dan Pengendalian Lakukan Monitoring Survey Perencanaan Jembatan

PUTUSSIBAU – Dalam upaya meningkatkan akses jalan supaya dapat maksimal digunakan oleh masyarakat setempat, selain peningkatan jalan, pembangunan jembatan juga perlu dilakukan hal ini dilakukan karena akses jalan ini merupakan jalur transportasi darat yang sehari hari digunakan masyarakat, jadi diharapkan dengan akses yang baik mampu mendongkrak kehidupan ekonomi masyarakat. Tahun ini Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu melakukan perencanaan pembangunan jembatan sungai Miau pada ruas jalan Simpang Silat-Nanga Silat Kecamatan Silat Hilir dan survey perencanaan pada jembatan sungai Boyan pada ruas Jalan Boyan Tanjung-Nanga Suruk kecamatan Boyan Tanjung Senin (31/08/2020).

Untuk kondisi jembatan sungai miau saat ini dalam kondisi rusak berat, sebagian konstruksi jembatan kayu sudah tidak sesuai dengan posisinya bahkan sudah ada bagian yang patah dan untuk jembatan sungai boyan saat ini adalah jembatan gantung dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan roda 4 sehingga perlu ditingkatkan menjadi jembatan permanen. Kepala Bidang Bina Marga mengatakan “saat ini konsultan perencana sedang melakukan penyelidikan tanah (sondir), terhadap jembatan sungai miau dan jembatan sungai boyan, untuk jembatan sungai miau masih jembatan kayu dan kondisinya rusak berat sedangkan jembatan sungai boyan masih jembatan gantung dan belum bisa dilalui oleh kendaraan roda empat jadi perlu kita tingkatkan menjadi jembatan permanen”ungkap Muhammad Kharbi,S.T.,M.Sc.

Keseharian jembatan sungai miau pada ruas jalan Simpang Silat-Nanga Silat sering dilalui oleh kendaraan bermuatan berat hal ini merupakan salah satu penyebab kerusakan pada jembatan tersebut, artinya melebihi kapasitas muatannya sehingga mengakibatkan bagian jembatan patah bahkan tiang tiangnya mengalami penurunun. Selain itu terjangan air saat banjir juga mengakibatkan pengikisan tebing sungai pada bagian jembatan hal ini perlu dilakukan penyelidikan oleh konsultan perencanaan untuk mendapat perhitungan perencaan yang tepat, jadi harus diuji daya dukung tanah setempat. (editor:ns).