Kadis PUBMSDA Bina Desa Dalam Membuat Beton Berkualitas

PUTUSSIBAU, disbinamarga.kapuashulukab.go.id.com  – Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Hj. Ana Mariana S.T., M.M. bersama Bidang Jasa Konstruksi melakukan pembinaan pada Desa Dalam Kecamatan Selimbau tentang perencaan campuran dan pengendalian mutu beton, Jumat (28/8/2020).

Kegiatan pembinaan beton pada tahun ini sudah rutin dilaksanakan oleh Bidang Jasa Konstruksi. Menurut pemaparan dari Kadis PUBMSDA, Hj. Ana Mariana, ST. MM. infrastruktur yang selama ini dibangun di desa perlu perbaikan, pekerjaan biasanya dilakukan berdasarkan pengalaman sedangkan infrastruktur merupakan pekerjaan teknis yang memiliki tata cara, memiliki aturan yang mungkin masyarakat belum mengetahuinya. “Tujuan kegiatan pembinaan ini adalah agar dalam pelaksanaan pekerjaan fisik nanti masyarakat mengikuti standar aturan yang ada sehingga menghasilkan infrastruktur yang tahan lama, yang bisa dinikmati masyarakat desa”, kata Hj. Ana Mariana, ST. MM..

Pembinaan campuran dan pengendalian mutu beton dilaksanakan setelah pihak desa mengirimkan surat permohonan pembinaan pada DPUBMSDA, untuk tahun ini dibatasi hanya 20 desa yang akan dilakukan pembinaan beton.

Pada sesi materi, presentasi dilakukan oleh Kabid Jasa Konstruksi, Marthen, ST. MT. di ruang serba guna milik Desa Dalam Kec. Selimbau. “Beton merupakan campuran dari semen, pasir, batu dan air. Untuk menghasilkan beton yang berkualitas semua material memiliki standarnya masing”, tutur Marthen. “Pasir yang digunakan harus bersih dari lumpur, maksimal kadar lumpur 5%. Sedangkan batu harus memiliki nilai abrasi di bawah 40% dan untuk campuran air pada beton harus memiliki nilai slump 6-18 cm, jangan sampai lebih dari itu karena bisa menurunkan mutu beton”, jelas Marthen.

Acara dilanjutkan dengan praktek yang dipaparkan oleh Gusti Aisamuddin, ST. dibantu oleh staf dan melibatkan masyarakat agar mereka lebih paham. “Saat mengaduk campuran beton harus diberi alas, jangan langsung di atas tanah agar campuran beton tidak bercampur dengan tanah dan rumput ”, tutur Gusti.

Di akhir acara Kades Dalam, H. AM Tarmizi mengatakan agar masyarakat dapat meresapi ilmu yang telah disampaikan oleh tenaga pengajar dan menghasilkan infrastruktur yang diharapkan. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Ibu Ana beserta rombongan yang telah sudi datang ke Desa Dalam, dan kami meminta maaf jika dalam sambutan kami ada kesalahan, ada kekurangan”, tutup H. AM Tarmizi yang akrab dipanggil Pak Aji Ji. (el)