Ruas Jalan Nanga Manday-Nanga Embaloh Direndam Banjir

PUTUSSIBAU – Program Pembangunan Infrastruktur terus digalakkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas Hulu salah satunya adalah pembangunan ruas jalan, hal ini terus dilakukan mengingat masih ada satu kecamatan yang ruas jalannya masih sulit untuk dilalui yaitu menuju Kecamatan Embaloh Hilir, melalui Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu Pada Bidang Bina Marga. Minggu (6/9/2020).

Tahun 2020 terdapat penanganan pada ruas tersebut, saat ini sudah ditangani sampai pada STA 06+654 sekitar kampung Patah Sandung. Hujan beberapa hari ini mengakibatkan banjir pada beberapa titik sepanjang ruas dan yang terdalam terdapat pada STA 00+050. Dengan adanya banjir juga berimbas pada mobilisasi material yang terhambat.

“kemarin saya cek ke lokasi kondisi air semakin tinggi, sekitar paha orang dewasa dan titik banjir juga banyak kalau untuk kendaraan roda dua seperti motor matic susah untuk lewat dan beberapa juga terlihat macet pas dilokasi banjir” kata Nikolaus Samsudin.

Hal serupa juga terjadi pada ruas jalan lain pada paket pekerjaan yang ditangani oleh Bidang Bina Marga tahun anggaran 2020.

Kepala Bidang Bina Marga saat mengambil alih Apel Pagi (7/9/2020) menyampaikan untuk pekerjaan fisik pada kondisi saat ini perlu perhatian khusus guna mengantisipasi banjir berkelanjutan “apabila cuaca bagus supaya dimaksimalkan pekerjaan, apakah dengan menambah alat maupun pekerja” ungkap Muhammad Kharbi,S.T.,M.Sc.

Pengawas lapangan juga sudah berkoordinasi terkait hal tersebut dengan pelaksana supaya dapat mengantisipasi dan mengambil langkah-langkah penanganan, apalagi banjir yang terjadi pada ruas jalan nanga manday – nanga embaloh biasanya cukup lama, jika tidak diambil langkah cepat maka pekerjaan bisa saja melewati waktu pelaksanaan yang dikontrakan. (editor:ns)