Pengujian Gradasi Lapis Pondasi Agregat Tanpa Penutup Aspal Pada Ruas Jalan Nanga Boyan – Nanga Suruk

BUNUT HULU –  Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga, dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu,  lakukan  pengujian gradasi lapis pondasi agregat tanpa penutup aspal, Selasa (29/9/2020) pada Ruas Jalan Nanga Boyan – Nanga Suruk Kecamatan Boyan Tanjung/Bunut Hulu   TA. 2020

Pengujian gradasi tersebut bertujuan untuk pengujian rutin pengendalian mutu bahan yang dilaksanakan  oleh penyedia jasa untuk mengendalikan ketidakseragaman bahan yang dibawa ke lokasi pekerjaan.

Material lapis pondasi agregat tanpa penutup aspal berupa sirtu sungai yang telah diblending di quarry dengan komposisi campuran mengacu pada spesifikasi teknis dan job mix formula. “material tersebut di ambil sampelnya kemudian di bawa ke laboratorium jasa konstruksi DPUBMSDA untuk mengetahui gradasi agregat lapangan, apakah telah sesuai dengan persyaratan gradasi agregat atau tidak, jika tidak maka dilakukan blending kembali sampai memenuhi persyaratan gradasi” ungkap Erwan Adisurya, selaku pengawas lapangan.

Metode pengujian gradasi dengan analisa saringan. Peralatan yang digunakan meliputi ayakan saringan, timbangan, oven dan alat bantu lainnya.