Pengawasan Perbaikan Jembatan Sungai Gong Oleh Staf Teknis Upt Pjjid Wilayah Selatan

PUTUSSIBAU, disbinamarga.kapuashulukab.go.id.com  – Staf teknis UPT PJJID wilayah selatan lakukan pengawasan pekerjaan perbaikan Jembatan Sungai Gong ukuran Awal 18 m x 4 m pada Ruas Jalan Menendang – Nanga Temenang dikecamatan Pengkadan, pada hari kamis (8/10/2020).

Pengawasan dilakukan agar pekerjaan tidak jauh menyimpang dari perencanaan awal, khusus untuk Jembatan Sungai Gong ini ukuran awal jembatan adalah 18 x 4 M, dengan alasan kondisi jembatan memungkinkan ( letak kepala masih aman jika dipindahkan untuk memperpendek panjang jembatan) dan memudahkan pemeliharaan jembatan pada tahun-tahun berikutnya maka ukuran jembatan berubah menjadi 14 x 4 M.

Sedangkan Pekerjaan masih sesuai dengan rencana awal yaitu pekerjaan mulai dari pekerjaan pondasi, pekerjaan keep, pekerjaan gelegar, pekerjaan lantai, pekerjaan gapit lantai, pekerjaan leuning/pagar, pekerjaan pengecatan dan timbunan oprit.

Sebelum memulai pekerjaan perbaikan pada jembatan sungai Gong, terlebih dahulu staf teknis memberikan penjelasan kepada pekerja atau tukang hal-hal mengenai pekerjaan perbaikan yang akan dilakukan, sedangkan selama pekerjaan staf teknis lakukan pengawasan dan mengambil dokumentasi photo pekerjaan.

Dalam pelaksanaan Perbaikan Jembatan ini terkendala oleh padatnya lalu lintas. Banyaknya kendaran terutama kendaraan roda empat yang lewat menghambat pekerjaan pembongkaran, lalu lintas yang padat menyebabkan perkerjaan dihentikan sementara waktu untuk membantu kendaraan tersebut melintas, sebagai upaya mengatasi hal ini sebelum dilakukan pekerjaan pembongkaran telah dipasang papan pemberitahuan bahwa akan dilakukan pekerjaan pada jembatan tersebut. Tetapi disebabkan jalan alternatif kondisinya kurang baik dan jaraknya cukup jauh maka masyarakat tetap melewati ruas jalan ini.