Tim Pengujian Konstruksi Lakukan Trial Campuran Beton Di Sungai Besar

PUTUSSIBAU, disbinamarga.kapuashulukab.go.id – Tim Pengujian Konstruksi Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Kabupaten Kapuas Hulu, melakukan trial campuran beton pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi D.I. Kec. Bunut Hulu, Selasa (6/10/2020). Tim pengujian berangkat ke Desa Sungai Besar menggunakan sepeda motor, sedangkan peralatan dibawa oleh pelaksana menggunakan kendaraan roda empat.

Trial campuran beton dilaksanakan berdasarkan surat permohonan trial yang disampaikan ke DPUBMSDA oleh pihak pelaksana pekerjaan. Trial beton di lapangan bertujuan untuk mengetahui apakah campuran design mix yang ada di lapangan sesuai dengan mutu yang diinginkan, sampel hasil trial beton akan diuji di laboratorium minimal 3 (tiga) hari menggunakan universal testing machine (UTM). Namun pengujian bisa juga dilaksanakan sampai umur sampel kubus berusia 7 (tujuh) hari sesuai dengan kesepakatan PPK dan pengawas lapangan.

Pada saat pelaksanaan trial beton di lapangan, mutu beton yang direncanakan yaitu K-125 dan K-175, lokasi pekerjaan rehabilitasi jaringan irigasi berjarak sekitar 1 km dari jalan raya yang hanya bisa diakses menggunakan sepeda motor atau berjalan kaki, maka pelaksanaan trial beton dilakukan di tepi lapangan sepak bola Desa Sungai Besar. Menurut seorang Tim Pengujian Valery, S.ST, pengujian trial campuran beton yang dilakukan dibuat empat sampel beton K-175 dan empat sampel beton K-125.

Trial campuran beton menggunakan material sirtu tersaring sesuai dengan job mix, dalam pengerjaan ke depannya juga harus menggunakan sirtu tersaring”, ucap Valery.

Wisnu Kuncoro selaku tim pengujian yang ditemui setelah membuat delapan sampel kubus mengatakan bahwa kubus-kubus ini dibuka dari cetakan setelah 24 jam, kemudian kubus-kubus ini direndam atau disiram, selanjutnya diuji dengan alat UTM. “Sampel kubus diuji di laboratorium jasa konstruksi DPUBMSDA, jika masuk maka penyedia lanjut melakukan pengecoran, jika tidak maka akan dilakukan trial ulang”, tutup Wisnu. (el)

CETAKAN KUBUS – Campuran Beton yang sudah sesuai takaran semen, pasir, batu dan air dimasukkan kedalam cetakan kubus, nantinya sampel kubus dibawa ke laboratorium untuk diuji dengan alat UTM
SAMPEL KUBUS – sampel kubus yang dibuat saat trial di Sungai Besar, empat sampel untuk kubus K-125, empat kubus untuk kubus K-175