Pengawasan Lapangan Pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Ukit – Ukit

Bidang Sumber Daya Air – Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Sumber Daya Air Kabupaten Kapuas Hulu kembali melakukan Pengawasan Lapangan untuk Pekerjaan Rehabilitasi Jaringan Irigasi D.I Ukit – Ukit Kecamatan Batang Lupar Tahun Anggaran 2020 dengan sumber dana DAK (Dana Alokasi Khusus). Pengawasan Lapangan  dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 15/10/2020 sampai dengan tanggal 16/10/2020.

Hendri Ariasyur Muslim, S.S.T selaku Pengawas Lapangan memberikan penjelasan tentang tahapan –tahapan pekerjaan saluran pasangan batu pecah 10/15. “Pasangan batu pecah 10/15 itu terbentuk atas susunan batu – batu pecah yang direkatkan setiap permukaan batu pecah dengan lapisan spesi / motra antara 2-5 cm. Pemasangan batu pecah harus melihat sisi – sisi bagian batu yang paling rata / permukaan datar harus ditempatkan pada sisi bagian dalam saluran agar saluran pasangan batu pecah tersebut menjadi lebih rapi. Setiap penyusunan batu pecah harus berpatokan dengan papan mal yang dibuat dengan ukuran sesuai rencana pekerjaan saluran pasangan batu pecah”. Kata pengawas Lapangan.

Adapun pekerjaan yang telah dikerjakan di lapangan adalah pekerjaan pembuatan Saluran Pasangan batu dengan item pekerjaan Pembersihan pengupasan permukaan tanah, Pekerjaan Pemasangan cerucuk , pekerjaan Timbunan Pasir / Pasir Alas dan pekerjaan Lantai kerja dengan panjang yang didapat 95 M serta pekerjaan pasangan batau 95 m dinding kiri dan kanan saluran pasangan batu.