Jasa Konstruksi Perdana Lakukan Pembinaan di Semitau

PUTUSSIBAU, disbinamarga.kapuashulukab.go.id – Bidang Jasa Konstruksi, Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Sumber Daya Air (DPUBMSDA) Kabupaten Kapuas Hulu, perdana melakukan pembinaan konstruksi tentang campuran dan pengendalian mutu beton di Desa Semitau Hulu, Kec. Semitau, Rabu (10/03/2021). Pembinaan kali ini juga dihadiri oleh Camat Semitau, Wan Meiyadi, S.AP., Kepala Desa Semitau Hulu Sajuliarto beserta aparatur desa, pekerja dan masyarakat Desa Semitau Hulu. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Desa Semitau Hulu. Desa Semitau Hulu memiliki dua dusun yaitu Dusun Arwana dan Dusun Yon Parasum.

Menurut Wan Meiyadi, S.AP. saat diwawancarai, pihak Kecamatan Semitau sangat berterima kasih kepada DPUBMSDA yang telah melakukan pembinaan tentang konstruksi beton, kegiatan ini sangat baik sekali mengingat pembangunan di desa yang menggunakan ADD sangat besar, pemdes harus paham akan indikator keberhasilan dalam suatu proyek dan proyek ini selalu diawasi oleh pemerintah serta diharapkan pemdes dapat mengaplikasikan ilmu yang diberikan pada pembangunan selanjutnya.

“Ada 12 desa di Kecamatan Semitau, saya harap semua desa itu dapat dibina, untuk Desa Semitau Hulu sudah termasuk dalam kategori desa mandiri, di Semitau tidak ada lagi desa tertinggal atau sangat tertinggal”, ujar Wan Meiyadi, S.AP.. “Jika DPUBMSDA tidak memiliki kesempatan membina 12 desa ini, saya harap desa yang belum dibina bisa belajar pada desa yang sudah dibina”, tambah Wan Meiyadi, S.AP.

Saat pembinaan di Desa Semitau Hulu, presentasi materi campuran dan pengendalian mutu beton disampaikan oleh Valery, S.ST.. Menurut pemaparannya untuk menghasilakn beton yang baik, material yang digunakan harus bersih, kadar lumpur dalam pasir maksimal 5%, semen harus SNI, batu harus memiliki nilai abrasi dibawah 40% dan nilai slump 12±2 agar semen tidak hilang dibawa air. Pada sesi selanjutnya yaitu sesi materi RAB diisi langsung oleh Kabid Jasa Konstruksi, Marthen, S.T., M.T.. Saat sesi ini peserta sangat antusias bertanya, lalu sesi terakhir peserta melakukan praktek membuat beton, peserta diperlihatkan bagaimana kondisi keenceran beton yang masih bisa digunakan. (el)